PHK Karyawan

Pertanyaan / Isu

Mohon advise untuk kasus berikut :

Diperusahaan ada karyawan yg sudah bekerja dari Juli 2005. Ditahun 2008 karyawan ini pernah mendapat SP 3, tp karena pihak manajemen kasihan dengannya akhirnya tidak jadi dipecat. Tahun ini karyawan tersebut sering membuat kesalahan dan perusahaan memutuskan untuk mengeluarkan surat peringatan pertama.
Beberapa waktu yang lalu, karyawan ini memaki atasannya ditempat umum dan mengeluarkan kata2 ancaman. Perusahaan memutuskan untuk memberi Surat Peringatan kedua.
Pertanyaan saya :
1. Apakah perusahaan berhak untuk memutuskan hubungan kerja segera setelah menerima informasi bahwa karyawan tersebut telah mengancam atasannya?
2. Prosedur apa yang harus ditempuh supaya sesuai dengan peraturan depnaker?
3. Jika karyawan tersebut kembali melakukan pelanggaran, dan perusahaan memberikan surat peringatan ketiga, apakah itu berarti phk?
4. Uang pesangon karena phk sepihak apakah sudah menjadi keharusan untuk diberikan kepada karyawan? Berapa nilainya jika terjadi pada karyawan ini yang sudah bertahun-tahun bekerja diperusahaan?
Terima kasih sebelumnya.
Tanggapan I
Untuk kasus ibu dibawah ini, saya coba memberikan masukan sebatas kemampuan yang saya miliki.
1. Jika saja psl 158 UU 13/2003 tidak dibatalkan oleh MK, maka bisa memakai pasal ini sebagai dasar hukumnya, namun karena sudah dibatalkan maka harus memakai prosedur psl 161 UU 13/2003, yaitu pemberian SP secara berjenjang.
2. Prosedur yang ibu lakukan sudah betul, bahwa pemberian SP dari SP 1 s/d SP 3, baru PHK.
3. Dalam psl 161 ayat (2) disebutkan bahwa masing-masing jangka waktu SP adalah paling lama 6 bulan, jadi sewaktu turunnya SP 3 tidak serta merta karyawan tsb diPHK, namun harus menunggu waktu 6 bulan terlebih dahulu. Bila dalam masa ini ternyata karyawan melakukan hal serupa, maka perusahaan berhak memPHK ybs.
4. Psl 161 ayat (4) menyatakan bahwa perusahaan wajib memberikan pesangon yang besarnya bisa Ibu pelajari lebih lanjut dalam pasal tsb.
Sangat terbuka untuk dikoreksi dengan rekan-rekan yang lain.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s