Jam Kerja Kantor

Pertanyaan / Isu

Dear Senior,

 Perusahaan kami tahun ini sedang berupaya untuk mendisiplinkan karyawan dalam hal jam kerja, sehingga semakin efektif dan pengaruhnya terhadap jam lembur dapat ditekan sesuai dengan kapasitas pekerjaan.
Yang ingin kami tanyakan adalah :
Seandainya karyawan terlambat 15 – 30 menit dan mengakibatkan dilakukan jam kerja tambahan (jam lembur). Padahal seharusnya tidak perlu jam lembur, dan dikarenakan hal ini maka karyawan akan diberikan sanksi.
Sanksi yang akan diberikan adalah pemotongan upah atau pemotongan cuti ( masih jd pembahasan).

1. Menurut para senior, bagaimana yang herus kami lakukan dalam menghadapi masah ini, karena hal ini sdh menjadi budaya lama dan tahun ini mulai ditertibkan peraturannya
2. Sanksi lain apa yang tepat yang harus kami lakukan selain pemotongan gaji dan pemotongan cuti?
3. Pasal berapa dalam UU no.13/2003 yang bisa menjadi dasar kebijakan kami dalam membuat keputusan?
Tanggapan I
Menurut hemat saya untuk menegaskan mengenai sanksi keterlambatan sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu kepada karyawan, dan kemudian dirumuskan kedalam Peraturan Perusahaan sehingga dapat dijadikan dasar bagi perusahaan dlm bertindak,saran saya gaji pokok jgn dipotong krn gaji sifatnya sensitif,bisa dibuat penilaian karyawan secara periodik dimana karyawan yg tidak disiplin tidak diberikan bonus, insentif maupun kenaikan pangkat dll
Tanggapan II
menurut saya, benar adanya dengan yang Saudara Yusuf sampaikan. namun sensitifitas (potong gaji) tersebut akan menjadi kekawatiran bagi karyawan yang indisipliner yang akhirnya akan menimbulkan efek jera. Peringatan yang “hanya” lisan atau pemberian poin yang sedikit, saya rasa dan saya alami tidak mengefek ke karyawan. Ada informasi yang saya dapat dari bberapa orang saya yang menanyakan ke karyawan dan mereka menjawab “wong cuma kepotong kedisiplinan 30rb kalo kena semua point ny, mending santai saja”. 30 rb merupakan jumlah nominanl kedisiplinan paling banyak ditempat kami. Akhirnya kami pernah memberikan potongan gaji dan imbasnya sangat signifikan ke semua karyawan kami, dan sampai sekarang jarang ada yang indisipliner, kalaupun ada maksimal kena 2 sampai 5 menit saja.
mungkin sedikit yang saya bisa share kan, semoga bermanfaat

sumber

Diskusi-HRD@yahoogroups.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s