Pencairan Jamsostek

Pertanyaan / Isu

Mau tanya soal jamsostek .

Apapkah kita bisa mengambil tabungan jamsostek jika sudah usia 55 tahun dan masih dipekerjakan di perusahaan yang sama .

Kalau bisa caranya bagaimana ?

Mohon infonya.

Tanggapan I

saya coba menjawab, yang di maksud tabungan di jamsostek JHT atau…?

kalau JHT yang saya tahu syarat pengambilan JHT adalah masa kepesertaan jamsostek 5 tahun walaupun masih bekerja di persh yg sama bisa di ambil. setelah itu akan di berikan no. jamsostek baru (kepesertaan baru) berdasarkan pengalaman saya pernah mengurus karyawan yang mengambil JHT nya tinggal contack ke custumer officer kita di jamsostek.

Diskusi-HRD@yahoogroups.com

sekian semoga bisa membantu

Tanggapan II

Sepengetahuan saya, untuk JHT (Jaminan Hari Tua) bisa diambil setelah terdaftar di Jamsostek selama 5 tahun dan statusnya non aktif/tidak bekerja lagi di Perusahaan. Dan syarat untuk pengambilan JHT (Jaminan hari Tua) dengan melampirkan surat referensi sebagai bukti bahwa ybs telah non aktif/tidak bekerja lagi di Perusahaan tersebut

Tanggapan III

Menurut pendapat saya, secara aturan jamsostek, JHT bisa diambil apabila karyawan sudah terdaftar sbg peserta jamsostek minimal 5 tahun, jadi bukan didasarkan pada berapa lamanya karyawan bekerja di perusahaan. Semisal karyawan tsb sdh terdaftar sbg peserta jamsostek sejak tahun 2006, artinya JHT sudah bisa diambil tahun 2011 tanpa melihat berapa lamanya karyawan bekerja di perusahaan. Saya sependapat dgn Sdri Anis bhw pengambilan jamsostek hrs dlm berstatus tdk bekerja di perusahaan dgn bukti surat keterangan tdk bekerja sbg persyaratan yang diberikan oleh jamsostek. Pernyataan Pak Soheh bisa jadi benar, jika perusahaan mau membantu karyawan tsb dgn menerbitkan surat referensi kerja seolah-olah karyawan tsb resign (padahal msh bekerja di perusahaan tsb) krn suatu sebab misalnya kondisi ekonomi dari karyawan tsb. Cara semacam ini dilegalkan dan banyak terjadi di perusahaan2 sbg upaya membantu dan memanusiakan karyawannya.

Tanggapan IV

Tetapi sekiranya dinyatakan resign berarti iurannya tdk dibayarkan utk sementara & tdk menjadi PESERTA JAMSOSTEK untuk sementara.Masalahnya,  sekiranya terjadi Kecelakaan Kerja dimasa rest. tsb. apakah nanti akan dapat jaminan dari JAMSOSTEK?  Mohon tanggapanya

Tanggapan V

Jika sdh dinyatakan resign otomatis iuran akan berhenti, dan kepesertaan jamsostek bisa aktif kembali jika perusahaan ybs mendaftarkan karyawannya kembali. Prinsipnya Jamsostek tdk akan ambil pusing terkait hal tsb yg terpenting semuanya sdh prosedural spt yg telah dipersyaratkan oleh Jamsostek. Utk kecelakaan kerja tdk akan mendapatkan jaminan krn posisi ybs sdh resign, dan sehrsnya konsekuensi terkait hal tsb sdh dipahami & dipertimbangkan oleh karyawan tsb sblm mencairkan uang JHT-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s