Batas Berlaku Surat Peringatan

Pertanyaan / Isu :

Berapa lama SP (surat peringatan berlaku) ?

Tanggapan I

Surat Peringatan berlaku paling lama 6 Bulan di atur dalam UU No. 13 Tahun 2003 pada Pasal 161 Ayat ( 2 ) kecuali ada diatur lain dalam Perjanjian Kerja Bersama dalam perusahan.

Tanggapan II

Perjanjian Kerja Bersama ( PKB ) dibuat dan disepakati oleh pengusaha atau wakil pengusaha dengan perwakilan dari pekerja atau Serikat Pekerja yg ada di dalam perusahaan, dan ditetapkan atau di sahkan oleh Disnaker setempat, Jika di dalam PKB mengatur ketentuan tenggang waktu berlakunya SP. menurut saya harus tidak bertentangan dengan ketentuan UU No. 13 Tahun 2003. Namun di dalam PKB atau PP dapat memuat pelanggaran tertentu yang dapat diberikan surat peringatan tertentu. Pasal Penjelasan UU No. 13 Tahun 2003 Ayat ( 2 ). Namun Demikian PKB dapat mengikat seluruh pekerja dan pengusaha untuk tunduk dan ikut di dalam ketentuan PKB yang disepakati bersama.

Tanggapan III

Pertanyaan intinya adalah, bagaimana ternyata dalam PP atau PKB yang telah disepakati bersama itu ternyata tidak sesuai dengan aturan yang diatur dalam UU..?? Apakah PKB tsb tidak cacat hukum, walaupun sudah disahkan oleh Pejabat Disnaker..??
Mohon penjelasannya.
Tanggapan IV
menurut sy harusnya pada saat pembuatan pp dan pkb disesuaikan dg uu 13/2003. Klu seperti ini harusnya mengacu pada aturan yg lebih tinggi yaitu uu 13/2003, dan segera pp/pkb di rubah.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s