Bisakah memperpanjang masa percobaan ?

Pertanyaan / Isu :
Mohon advise-nya, berkenaan dengan masa percobaan untuk karyawan permanen, yang mana di UU No. 13/2003, jelas-jelas diatur bahwa masa percobaan ini berlaku 3 bulan.

Diharapkan dalam jangka waktu 3 bulan tersebut cukup untuk, Head of Departemen/Manajemen menilai performa kerja karyawan dan bisa dijadikan ukuran apakah akan di permanenkan atau tidak.

Pertanyaan saya, apakah perpanjangan waktu probation tersebut, misal menjadi 6 bulan menyalahi aturan, ataukah itu bisa di considered??

Saya tunggu advise rekan-rekan semua.

 

Tanggapan I

Dalam Pasal 60 UUK, telah jelas disebutkan bahwa, PKWTT dapat mensyaratkan masa percobaan PALING LAMA 3 (tiga) bulan. Artinya UU hanya memberikan toleransi sampai dengan maksimal 3 bulan jika jenis perjanjiannya adalah PKWTT. Lain halnya dengan PKWT, UU bahkan tidak memperbolehkan adanya masa percobaan dan diatur lebih jelas dalam KEPMEN No.KEP.100/MEN/VI/2004. PKWTT hanya merujuk pada UU Ketenaga kerjaan itu sendiri. Jadi jika masa percobaan melebihi dari ketentuan UUK maka berakibat batal demi hukum.
Jika mmg perusahaan bermaksud demikian adanya yaitu ingin melihat lebih jauh performa karyawan ybs, kenapa tdk di buat PKWT saja? Misalnya 6 bulan dulu, Nah jika perusahaan merasa puas dg kinerja si karyawan, perusahaan dpt mengangkat status perjanjian mjd PKWTT, namun jika perusahaan menilai si Karyawan tdk bagus, tinggal nunggu saja sampai habis masa kontraknya, saya pikir itu lebih wajar dan tdk melanggar ketentuan UU Ketenagakerjaan No. 13 Thn 2003.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s