Karyawan lapor serikat pekerja ketika dimutasi

Pertanyaan / Isu

Mohon pencerahan dari rekan2 HR, di tempat saya ada karyawan yg mutasi  karena kinerjanya tidak sesuai dengan perusahaan inginkan,jabatan awal kepala land,dipromosi ke asistan pola dan di posisi asisten pola tidak memuaskan maka yg bersangkutan di mutasi ke bagian pola jahit,perusahaan tidak mengurangi hak karyawan tersebut.kemudian karyawan tersebut lapor kepada serikat pekerja yg menurut pihak serikat pekerja karyawan kami tersebut baru 3 bulan sebagai anggota karena diperusahaan kami tidak ada serikat pekerja,dan serikat tersebut bukan diwilayah perusahaan kami, laporannya karena mutasinya tidak sesuai kemampuannya..yg saya tanyakan..

1. Apakah kami berhak menolak kedatangan pihak serikat pekerja..karena mutasi adalah hak perusahaan,

2. Sebaiknya apa yg harus kami lakukan sebagai HR, mengenai mutasinya karena atasannya sudah tidak mau memakai karyawan tersebut,

3.apakah berhak serikat pekerja tersebut mengurus yg bukan diwilayah cakupannya.sebelumnya kami. ucapkan terimakasih.

Tanggapan I

Menjawab pertanyaan anda, maka menurut saya Perusahaan berhak menolak kedatangan Serikat Pekerja (SP) jika kedatangan mereka turut campur terhadap hak dan kewajiban karyawan di perusahaan anda karena SP tsb bukan SP Perusahaan anda.
Mutasi karyawan bertujuan untuk pengembangan dan peningkatan karir karyawan yg tidak berdasarkan suka atau tidak suka pejabat terhadap bawahan.
Sebagai praktisi SDM sebaiknya anda dan manajemen SDM di perusahaan anda memfasilitasi terbentuknya SP jika jumlah karyawan sudah sesuai dg syarat2 pembentukan SP, yg mana SP dibentuk bertujuan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas SDM baik secara etika moral dan profesionalisme.

Tanggapan II

Pendapat saya sbb:
1. anda atau persh anda tidak ada urusan dg SP di luar persh anda (tidak ada hubungan)
2. bantulah untuk pembentukan SP persh
3. untuk menghindari permasalahn yang sama sebaiknya pindahnya kary tsb   atas persetujuan kary shg (tercapai kesepakatan), dan gunakan prinsip memindahkan kary janganlah spt memindahkan meja dari satu ruangan ke yang lain.
4. saya melihat faktor pelatihan di persh anda kurang maksimal. Anda memindah kary adakah usaha anda secara maksimal memberikan pelatihan ttg skill nya yang baru. kalo YA anda lbh leluasa, ttp melihat kejadian itu sepertinya kary pada posisi yg terlalu lemah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s