Promosi Karyawan operator-supervisor

Isu / Pertanyaan :

Salam kenal rekan-rekan HR..

Ingin minta berbagi pengalamannya mengenai sistem promosi yang digunakan di tempat rekan-rekan, untuk level operator- supervisor biasanya tools apa yang digunakan agar promosi lebih objektif?

Tanggapan I

Promosi adalah salah satu bagian dari tindakan pengembangan yang diberikan oleh Perusahaan kepada pekerja. Promosi juga berfungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan Perusahaan akan tenaga kerja (Internal Hire through Employee’s transfer with promotion).
Berdasarkan itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian promosi kepada pekerja, yaitu:
1. Tersedia posisi yang kosong bagi pekerja yang akan dipromosikan. Posisi kosong ini menandakan adanya kebutuhan dari Perusahaan, sehingga dengan adanya promosi ini, kebutuhan Perusahaan tersebut dapat dipenuhi. Satu hal yang perlu diingat, posisi kosong ini terjadi karena kebutuhan Perusahaan, bukan dibuat posisi kosong dengan sengaja.

2. Kesesuaian antar kompetensi yang dibutuhkan pada posisi dimana pekerja akan dipromosikan, dengan kompetensi yang telah dimiliki oleh pekerja tersebut. Biasanya fungsi ini dilakukan oleh bagian assessment. Hal ini dilakukan untuk memastikan: put the right man in the right place and iat the right time.

3. Untuk promosi level tertentu, misalnya level Supervisor dan keatas, bisa diberlakukan masa acting, dimana si pekerja akan menjalankan suatu proyek kecil untuk menunjukkan kemampuan dan kesiapan dia menduduki posisi baru tersebut. Bilaman dia berhasil melaluinya, maka Perusahaan akan meng-confirm jabatan baru dia tersebut. Lama masa acting disesuaikan sengan kebutuhan Perusahaan. Normally is about 3 to 12 months.

Semoga membantu


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s